TETAP SEHAT meskipun di rumah selama pandemi COVID-19

Sejumlah imbauan telah dikeluarkan pemerintah sejak merebaknya virus corona ke seluruh dunia. Dampaknya, sebagian besar aktivitas diberhentikan sementara untuk memutus mata rantai penyebaran virus ini.

Selama tinggal di rumah, baik itu sambil bekerja ataupun melakukan kegiatan lainnya. Menjaga kondisi tubuh dan menerapkan langkah pencegahan agar sistem imun terus terjaga tetap harus dilakukan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda praktikkan untuk menghindari diri dari serangan virus dan bakteri selama berada di rumah.

 

1. Rutin Asupan Buah dan Sayuran

mengkonsumsi banyak buah dan sayur juga merupakan sumber serat, vitamin dan mineral, serta senyawa penting lain yang dibutuhkan tubuh.

Simpan buah-buahan dan sayuran di lemari es untuk memungkinkan mempertahankan nutrisi yang terkandung, selain dimakan saat segar.

Penting untuk memastikan anak-anak masih mendapatkan banyak buah dan sayuran dalam makanan mereka. Makan tidak sekadar jadi pemuas selera dan pengisi perut saja, melainkan juga menjadi salah satu cara untuk mempertahankan kesehatan.

 

2. Bahan Makan Kering atau Kalengan Sebagai Alternatif

Produk segar hampir selalu merupakan pilihan terbaik, tetapi ketika tidak tersedia banyak alternatif sehat yang mudah disimpan dan disiapkan, makanan kaleng merupakan satu di antara solusi praktis.

Makanan kaleng memiliki kandungan gizi yang berbeda, tergantung dari bahan dasar yang digunakan. Makanan yang diolah dan dikemas dalam kaleng memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan makanan lainnya.

Masyarakat makin membutuhkan produk makanan yang praktis, lezat, dan bisa dinikmati kapan saja. Makanan kaleng hanya perlu dihangatkan selama lima hingga 10 menit sebelum siap disantap.

Sayuran kalengan, seperti tomat, memang cenderung mengandung jumlah vitamin yang lebih rendah daripada produk segar, tetapi itu pilihan bagus jika dalam kondisi segar. Olahan makanan kering, seperti kacang kering, kacang-kacangan dan biji-bijian seperti lentil, kacang polong, beras, couscous atau quinoa juga bergizi bagi kesehatan tubuh.

 

3. Diiringi Camilan Sehat

Anda sering perlu menyantap satu atau dua camilan di siang hari ketika sedang bersantai atau memiliki waktu luang bersama keluarga.

Banyak penelitian yang menyatakan bahwa selain tiga makanan sehat, seperti sarapan, makan siang, dan makan malam, semua orang harus menikmati camilan sehat pada pagi dan sore hari.

Pilihlah opsi yang lebih sehat seperti kacang, keju, yoghurt (lebih disukai tanpa pemanis), buah cincang atau kering, telur rebus, atau pilihan sehat lain dari pada permen atau makanan ringan asin. Makanan-makanan ini bergizi, lebih mengenyangkan, dan membantu membangun kebiasaan makan sehat.

 

4. Mengatur Pola Makan

Mengonsumsi produk segar mungkin tidak selalu memungkinkan. Anda bisa mencoba untuk memilih opsi yang lebih sehat yang mengandung lebih sedikit kandungan, seperti lemak jenuh, gula, dan garam.

Usahakan juga menghindari minuman manis dan sebaliknya minum banyak air putih. Membuat olahan minuman buah atau sayuran seperti lemon, jeruk nipis, mentimun atau beri, jadi cara yang bagus untuk menambahkan sentuhan rasa ekstra dan menyehatkan bagi tubuh.

 

5. Isi Waktu Luang Anda Bersama Keluarga

Jadikan memasak dan makan menjadi bagian yang menyenangkan dan berarti dari rutinitas keluarga. Memasak dan makan bersama adalah cara yang bagus untuk menciptakan rutinitas yang sehat, memperkuat ikatan keluarga dan bersenang-senang.

Libatkan anak-anak Anda dalam persiapan makanan. Anak-anak kecil dapat membantu mencuci atau menyortir makanan, sementara anak-anak yang lebih besar dapat melakukan tugas yang lebih kompleks dan membantu mengatur meja.

Struktur dan rutinitas seperti itu dapat membantu mengurangi kecemasan bagi anak-anak dalam situasi yang penuh tekanan ini.

6. Berolahraga

Agar tubuh dan pikiran tetap sehat selama dirumah, selain berjemur anda harus tetap meluangkan waktu untuk berolahraga. Tidak perlu olahraga berat, olahraga ringan seperti lari-lari kecil di sekitar rumah sudah cukup untuk membuat badan tetap bergerak.   Selain itu, lakukan aktivitas fisik di rumah seperti membersihkan rumah juga efektif sebagai pengganti olahraga di luar rumah.

Dengan olahraga rutin setiap hari dapat menjaga tubuh agar tetap sehat, terutama dapat meningkatkan daya tahan tubuh agar terlindungi dari virus.

Sumber: UNICEF . Liputan 6

Informasi lebih lanjut :
Visit Marketing Gallery
Beli Rumah  : Instagram @kingspark8villa – 081-5560-8181 – kingspark8.com
Sewa Villa : Instagram @villacarmelabatu – 0815-5344-4400 – booking.kingspark8.com

Kingspark 8 Villa, Villa Carmela, Villa Carmela Batu, Villa Malang, Villa Kota Malang, Villa Batu, Villa Kota Batu, Villa Murah Batu, Villa Murah Malang, Villa Terbaik Kota Batu, Villa Terbaik Malang, Villa Instagramable Malang, Penginapan Malang, Penginapan Kota Batu, Hotel Malang, Hotel Terbaik Kota Batu, Villa Hits Malang, Villa Hits Batu, Villa Private Pool Malang, Villa 1 Kamar Batu malang, Sewa Batu Holiday, Villa Batu Malang, Villa Batu Songgoriti, , Villa Dengan Kolam Renang Pribadi di Batu Malang Murah, Villa Mewah Malang, Cari Villa Kota Malang Batu, Wisata Malang, Explore Malang, Lingkar Malang, Amazing Malang, Kuliner Malang, Wisata Kota Batu, Wisata Terbaru Batu Malang, Kuliner Khas Malang, Staycation di Batu Malang, Staycation Murah, Penginapan Murah, Jual Beli Rumah Kota Malang, Jual Beli Rumah Kota Batu, Beli Rumah Batu, Rumah Subsidi Kota Batu, Perumahan Terbaik Kota Batu, Cari Rumah Batu Malang, Beli Rumah Subsidi Malang Batu, Rumah Mewah Kota Malang, Perumahan di Batu Malang, Rumah Harga Terjangkau, Tips Membeli Rumah, Cara Merawat Rumah, Perumahan Harga Terjangkau, Rumah Malang, Jual Villa Batu, Jual Villa Kota Malang, Jual Beli Tanah Batu, Perumahan Baru di Batu Malang, Perumahan Kingspark 8, Perumahan Terbaik di Jawa Timur, Spot Instagramable

Leave a reply