Tips dan Trik Menghemat Air di Rumah

Suka kesal tidak dengan tagihan rumah tangga yang membengkak di awal bulan, khususnya terkait tagihan listrik dan air? Bisa jadi total tagihan yang mahal tersebut karena kebiasaan buruk kamu dan keluarga dalam menggunakan air di rumah.

Nah, supaya tagihan bulanan bisa berkurang, mulai dari sekarang belajar menghemat air. Yuk, simak ulasan Kania mengenai cara menghemat air di bawah ini!

 

Mematikan Keran saat Cuci Tangan dan Muka

Apakah kamu termasuk orang yang terus membiarkan keran air terbuka ketika sedang mengaplikasikan sabun pada tangan atau muka? Mulai sekarang, hentikan kebiasaan tersebut kalau memang bertekad ingin menghemat air. Hal ini karena membiarkan air terus mengalir selama mencuci tangan dan muka bisa menghabiskan 10 liter air per menitnya. Air sebanyak itu tentu terbuang sia-sia dan membuat tagihanmu jadi membengkak.

Ganti Peralatan Rumah Tangga

Sering kali tagihan air yang membengkak terjadi karena penggunaan air pada berbagai peralatan rumah tangga terlalu boros. Untuk menyiasatinya, kamu bisa menghemat air dengan mengganti peralatan rumah tangga yang menghabiskan banyak air.

Misalnya saja, mengganti mesin cuci bukaan depan yang bisa otomatis mengeringkan dengan mesin cuci bukaan atas yang sifatnya manual. Supaya tidak mengeluarkan banyak uang dalam mengganti perabotan, lakukan saja sistem tukar tambah kepada penjualnya.

Percepat Waktu Mandi

Kalau kamu termasuk tipe orang yang suka mandi berlama-lama, hentikan kebiasaan itu dari sekarang demi menghemat air. Semakin lama waktu mandimu, semakin tinggi pula tagihan air yang menantimu di awal bulan. Dengan mempercepat waktu dua menit saja setiap kali mandi, kamu bisa menghemat air hingga 30 persen daripada biasanya.

Prioritaskan Mandi dengan Shower

Cara mandi yang paling tepat untuk menghemat air adalah menggunakan shower. Penggunaan shower untuk mandi umumnya akan menghabiskan air sebanyak 60-75 liter air untuk waktu mandi 8-10 menit. Sementara itu, jika kamu menggunakan bak dan gayung, air yang dihabiskan bisa mencapai 100-270 liter dalam waktu yang sama.

Lalu, bagaimana dengan menggunakan bathtub? Tentunya lebih boros lagi! Dengan berendam di bathtub, kamu memerlukan sekitar 200 liter air. Itu pun belum termasuk air yang digunakan untuk membilas. Jadi, sekarang kamu sudah tahu, ‘kan harus menggunakan alat apa untuk mandi supaya menghemat air?

Gunakan Tombol Flush Sesuai Kebutuhan

Jika kamu menggunakan closet duduk, sebaiknya kamu tidak sembarangan menekan tombol flush untuk menyiram kotoran. Umumnya, closet duduk memiliki dua tombol flush yang masing-masing memiliki kegunaan sendiri.

Tombol besar berfungsi untuk menyiram kotoran padat dengan pengeluaran air sekitar 6-9 liter. Sementara itu, tombol kecil mengeluarkan air sekitar 3-4,5 liter untuk menyiram kotoran air. Nah, kalau kamu terbiasa menekan dua tombol sekaligus, bisa bayangkan berapa banyak air yang kamu sia-siakan sehingga membuat tagihanmu bengkak? Yuk, ubah kebiasaan tersebut agar bisa menghemat air!

Cek Kebocoran Pipa dan Keran

Kebocoran pipa dan keran yang menghasilkan tetesan air tidak boleh dianggap remeh. Dalam sehari, tetesan air dari bocoran tersebut bisa mencapai 15 liter. Artinya, dalam sebulan akan ada 450 liter tetesan air yang bersumbangsih terhadap besarnya nilai tagihan airmu.

Oleh karena itu, demi menghemat air, segera cek kebocoran keran atau pipa air yang ada di rumah dan lakukanlah perbaikan jika memang diperlukan. Cara ini sangat jitu untuk menghemat air tanpa kamu sadari.

By : dekoruma.com

Informasi lebih lanjut :
Visit Marketing Gallery
Beli Rumah  : Instagram @kingspark8villa – 081-5560-8181 – kingspark8.com
Sewa Villa : Instagram @villacarmelabatu – 0815-5344-4400 – booking.kingspark8.com

Kingspark 8 Villa, Villa Carmela, Villa Carmela Batu, Villa Malang, Villa Kota Malang, Villa Batu, Villa Kota Batu, Villa Murah Batu, Villa Murah Malang, Villa Terbaik Kota Batu, Villa Terbaik Malang, Villa Instagramable Malang, Penginapan Malang, Penginapan Kota Batu, Hotel Malang, Hotel Terbaik Kota Batu, Villa Hits Malang, Villa Hits Batu, Villa Private Pool Malang, Villa 1 Kamar Batu malang, Sewa Batu Holiday, Villa Batu Malang, Villa Batu Songgoriti, , Villa Dengan Kolam Renang Pribadi di Batu Malang Murah, Villa Mewah Malang, Cari Villa Kota Malang Batu, Wisata Malang, Explore Malang, Lingkar Malang, Amazing Malang, Kuliner Malang, Wisata Kota Batu, Wisata Terbaru Batu Malang, Kuliner Khas Malang, Staycation di Batu Malang, Staycation Murah, Penginapan Murah, Jual Beli Rumah Kota Malang, Jual Beli Rumah Kota Batu, Beli Rumah Batu, Rumah Subsidi Kota Batu, Perumahan Terbaik Kota Batu, Cari Rumah Batu Malang, Beli Rumah Subsidi Malang Batu, Rumah Mewah Kota Malang, Perumahan di Batu Malang, Rumah Harga Terjangkau, Tips Membeli Rumah, Cara Merawat Rumah, Perumahan Harga Terjangkau, Rumah Malang, Jual Villa Batu, Jual Villa Kota Malang, Jual Beli Tanah Batu, Perumahan Baru di Batu Malang, Perumahan Kingspark 8, Perumahan Terbaik di Jawa Timur, Spot Instagramable

Leave a reply